Menurut
berbagai pakar pendidikan seperti prof,DR H.Ramayulis faktor dalam efektifitas
belajar mengajar Bukan saja SDM pendidik dan anak didik saja yang
mempengaruhi,berbagai sistem dalam kehidupanpun juga memberi warna tersendiri
dalam proses belajar tersebut.yang pertama adalah :
1.Lingkungan,maksudnya (disini
umum)termasuk lingkungan alam sekitar (sosial)memberi pengaruh juga dalam
proses belajar,jika anak didik hidup dilingkungan fositif maka besar
kemungkinan berdampak positif juga pada belajar adak didik tersebut.sebaliknya
demikian jika lingkungan dimana negatif maka secara umum berdanpak kurang baik
pada kualitas belajarnya,misalnya keluarga yang kurang harmonis,teman,posisi
kelas berdekatan dengan pabrik yang mengeluarkan suara gaduh.
2.Instrumental.menjadi faktor
berikutnya yang mempengaruhi belajar,dlam intrumental memiliki beberapa unsur
yaitu:
a.kurikulum
yang aktual(a plan for learning)tanpa
kurikulum sebuah belajar mengajar tidak akan mempunyai tujuan dan tak tentu
arah yang dituju,karena dalam kurikulum mengandung berbagai cara mengajar
guru,dan tujuan pengajaran.
b.program
pendididkan,merupaka faktor selanjutnya yang mempengaruhi belajar,mempunyai
arti sebagai serangkaian aktivitas yang memuat kebulatan pengalaman belajar,mencakup keterampilan dan
sikap yang dilaksanakan oleh masing-masing anak didik.
c.guru
,disini peran guru sangat penting juga dalam kelancaran proses belajar,yaitu
guru yang memiliki kompetensi mempuni dan tidak .jika kompetensinya kurang maka kualitas
belajarnya juga kurang efektif.
d.sarana
dan prasarana,diartikan sebagai media pembelajaran yang menunjang untuk kelancaran proses pendidikan
juga memengaruhi pada aktfitas suatu pembelajaran,misalnya ruangan kelas, buku
pegangan,alat tulis,papan tulis.Alat pendidikan ini menjadi tanggung jawab
pihak sekolah dan pemerintah untuk merealisasikan alat-alat pendidikan
tersebut,bagai mana bisa nyaman untuk belajar jika alat pendidikannya kurang
memadai.misalnya kursi dan meja sudah pada rusak dan tak layak pakai.untuk itu
semua pihak harus ikut andil dalam menyediakan alat tersebut,tak ketinngalan
seorang peserta didik juga harus taat membayar administrasi yang sudah
ditentukan oleh pihak sekolah.
3.kondisi fisikologis,ini
merupakan faktor yang berkaitan dengan
fisik seorang anak didik,misalnya kurang sehat,sakit,atau cacat
tubuh(serius/ringan)
4.kondisi psikologis,kcerdasan
intelektual seorang anak didik maupun pendidik yaitu kecerdasan yang menuntut pemberdayaan
otak,hati,jasmani,dan pengaktifan manusia untuk berinteraksi secara
fungsional(proses kognitif).selanjutnya minat seorang anak didik
tersebut,bakat,motivasi(motivasi dari dalam dan dari luar)
1 komentar:
kenapa tidak ada reference nya...????
Posting Komentar