Pages

faktor-faktor yang mempengaruhi belajar mengajar


Menurut berbagai pakar pendidikan seperti prof,DR H.Ramayulis faktor dalam efektifitas belajar mengajar Bukan saja SDM pendidik dan anak didik saja yang mempengaruhi,berbagai sistem dalam kehidupanpun juga memberi warna tersendiri dalam proses belajar tersebut.yang pertama adalah :
1.Lingkungan,maksudnya (disini umum)termasuk lingkungan alam sekitar (sosial)memberi pengaruh juga dalam proses belajar,jika anak didik hidup dilingkungan fositif maka besar kemungkinan berdampak positif juga pada belajar adak didik tersebut.sebaliknya demikian jika lingkungan dimana negatif maka secara umum berdanpak kurang baik pada kualitas belajarnya,misalnya keluarga yang kurang harmonis,teman,posisi kelas berdekatan dengan pabrik yang mengeluarkan suara gaduh.
2.Instrumental.menjadi faktor berikutnya yang mempengaruhi belajar,dlam intrumental memiliki beberapa unsur yaitu:
a.kurikulum yang  aktual(a plan for learning)tanpa kurikulum sebuah belajar mengajar tidak akan mempunyai tujuan dan tak tentu arah yang dituju,karena dalam kurikulum mengandung berbagai cara mengajar guru,dan tujuan pengajaran.
b.program pendididkan,merupaka faktor selanjutnya yang mempengaruhi belajar,mempunyai arti sebagai serangkaian aktivitas yang memuat kebulatan  pengalaman belajar,mencakup keterampilan dan sikap yang dilaksanakan oleh masing-masing anak didik.
c.guru ,disini peran guru sangat penting juga dalam kelancaran proses belajar,yaitu guru yang memiliki kompetensi mempuni dan tidak  .jika kompetensinya kurang maka kualitas belajarnya juga kurang efektif.
d.sarana dan prasarana,diartikan sebagai media pembelajaran yang  menunjang untuk kelancaran proses pendidikan juga memengaruhi pada aktfitas suatu pembelajaran,misalnya ruangan kelas, buku pegangan,alat tulis,papan tulis.Alat pendidikan ini menjadi tanggung jawab pihak sekolah dan pemerintah untuk merealisasikan alat-alat pendidikan tersebut,bagai mana bisa nyaman untuk belajar jika alat pendidikannya kurang memadai.misalnya kursi dan meja sudah pada rusak dan tak layak pakai.untuk itu semua pihak harus ikut andil dalam menyediakan alat tersebut,tak ketinngalan seorang peserta didik juga harus taat membayar administrasi yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah.
3.kondisi fisikologis,ini merupakan faktor  yang berkaitan dengan fisik seorang anak didik,misalnya kurang sehat,sakit,atau cacat tubuh(serius/ringan)
4.kondisi psikologis,kcerdasan intelektual seorang anak didik maupun pendidik yaitu kecerdasan yang menuntut pemberdayaan otak,hati,jasmani,dan pengaktifan manusia untuk berinteraksi secara fungsional(proses kognitif).selanjutnya minat seorang anak didik tersebut,bakat,motivasi(motivasi dari dalam dan dari luar)

1 komentar:

kenapa tidak ada reference nya...????

Poskan Komentar